Review Smartfren 4G Di Pinggiran Jogja



Kali ini saya akan berbagi sedikit review tentang layanan internet 4G Smartfren di pinggiran Jogja. Review ini dibuat berdasarkan pengalaman saya sendiri saat menggunakan jaringan 4G Smartfren di kampung saya. Saya sebelumnya pernah menggunakan layanan smartfren kurang lebih satu bulan saja (Januari 2014), seingat saya dulu, jaringan evdo smartfren di kampung saya, sangat lemot sekali. Karena tidak tahan, saya kembali ke operator GSM

Pertimbangan saya saat meninggalkan smartfren selain karena lemot, juga saat itu mengemuka rencana smartfren dan operator lain akan bermigrasi ke 4G. Saya berpikir, ponsel smartfren saya waktu itu tidak akan support 4G, jadi lebih baik beralih ke ponsel mainstream.

Waktu berlalu hingga ditahun 2015, jaringan 4G resmi masuk di Indonesia, walau terbatas di beberapa kota saja. Hingga saat smartfren juga mulai resmi mengenalkan 4Gnya, saya belum begitu tertarik. Saya masih nyaman dioperator GSM yang bisa beli perdana kuota yang sekali pakai lalu buang.

Di bulan November 2015 kalau tidak salah, smartfren menawarkan promo internet True Unlimited seharga 75k saja. Banyak sekali yang menyukai promo itu, saya lihat diforum Kaskus. Menurut pengalaman mereka, paket True Unlimited smartfren saat itu adalah hal yang diidam-idamkan. Para konsumen menggunakan paket itu untuk berbagai macam aktivitas, streaming, download software, dan download film adalah yang paling digemari.

Entah kenapa saya masih belum tertarik mencicipi smartfren lagi, bahkan hingga saat promo itu berakhir bulan April 2016 kemarin. Ketertarikan tergadap smartfren itu muncul saat tetangga saya membeli MiFi Andromax M2Y, saya sempat mencicipi jaringan 4G nya. Eehh..ternyata lumayan juga, berbeda dengan awal tahun 2014 lalu. Kini kecepatan jaringannya meningkat drastis.

Hingga saat akhir bulan juli kemarin, saya membeli handset Andromax A yang berbonus kuota 2 GB. Saya membeli di kota jogja, yang tidak saya ragukan kecepatan internetnya (terutama 4G milik smartfren). Di setiap jalan pulang sinyal 4G smartfren cukup stabil, hingga saat saya tiba dirumah.

Saat saya menggunakan jaringan 4G smartfren dirumah, kecepatan internet smartfren kali ini meningkat secara signifikan. Untuk mengetahui berapa kecepatan internet saat itu, saya menggunakan aplikasi speedtest buatan Ookla. Hasilnya seperti berikut ini:

  • Hasil speedtest pada 29 Juli






  • Hasil speedtest pada 30 Juli






Kecepatan yang dihasilkan memang tidak seperti kebanyakan orang yang sanggup mencatatkan hingga puluhan Mbps. Saya cukup memaklumi, lha tempat tinggal saya memang dikampung, jauh dari menara BTS. Tapi walaupun kecepatan dibawah 10 Mbps, tetapi masih cukup kok untuk aktivitas internet standar.

Sudah untung banget ada operator seluler yang memberi perhatian lebih pada pedesaan, lewat jaringan internet yang merata. Entah gimana dengan Jaringan 4G milik operator GSM apakah sampai ke pedesaan seperti smartfren, saya akan mencobanya lain waktu.








loading...